SKCK

Paling sebel n ga suka kalo berurusan sama birokrasi, ngurus surat-surat di kantor Pemerintahan kesannya ribet banget. Tapi karena terpaksa jadinya aku harus berurusan sama si birokrasi ini. Ya kaya ngurus SKCK ini (dulu namanya SKKB). Untuk ngurus SKCK ada beberapa tahapan yang harus dilalui. Tapi herannya kalau aku kroscek sama temen-temenku, prosedurnya beda-beda lho (tuh kan sebel banget deh kalo yang satu bilang gini, yang lain bilang gitu 🙁 ) Tapi intinya sih begini nih cara ngurusnya:

1. Harus ada surat keterangan dari dari RT/RW terus ke Kelurahan terus ke Kecamatan. Di surat keterangan itu pokoknya tertulis identitas kita dan tujuan pembuatan SKCK ini (mis. untuk melamar pekerjaan dll)

2. Nah kemaren itu aku harus dapet tandatangan Camat dulu, tapi beberapa temenku malah ada yang hanya dari kelurahan bisa langsung ngurus ke Polisi. But eniwey, pokoknya setelah proses itu kita akan dapat surat pengantar untuk ke Polisinya.

3. Untuk kantor Polisi, bisa ke Polsek bisa ke Polres. Aku kemarin ke Polres. Dokumen yang diperlukan antara lain:

-Fotokopi KK

-Fotokopi KTP

-Foto berwarna 4×6 4 lembar.

Nah untuk urusan foto juga beda-beda nih, ada yang bilang 2 lembar cukup, ada yang bilang 4. Tapi bawa aja yang banyaklah.

Untuk warna background foto, ada yang bilang harus sesuai dengan tahun kelahiran. Maksudnya gini, kalau tahun kelahiran kita GANJIL (Mis. thn 1973), backround fotonya harus warna MERAH. Terus kalo tahunnya GENAP (Mis. thn 1992) fotonya warna BIRU. Tapi itu juga katanya tergantung daerah masing-masing. Malah ada temenku yang fotonya dikasi beda-beda gayanya. Jadi ga jelas deh intinya..mungkin yang penting foto yang keliatan mukeeenyee. 😀

4. Klo dah lengkap, nanti kita akan diminta isi Form. Isinya data-data kita. Lengkap bener, sampe ada bentuk muka, bentuk gigi, bentuk dagu, bentuk kuping, banyak banget deh. Kalo bingung. biasanya ada contekannya di tempel kaya poster gitu. Nah liat-liat aja di tembok sekitar.. ada ga tuh posternya.

5. Terus, untuk beberapa tempat diwajibkan cap 10 jari. Tapi lagi-lagi, ada beberapa temen yang ga melakukannya.

6. Selesai deh, tinggal tunggu jadinya kapan. Klo aku, ga bisa langsung jadi/harus ngambil besoknya. Tapi ada juga yang bisa ditunggu/langsung jadi.

Biaya? sebenarnya gratis.. tapi klo mo berbaik hati kasih senyum ato ucapan terimakasih lainnya pasti diterima kok :D. Oh ya btw, ini hanya berlaku 3 bulan lho, jadi after 3 months u have to come again.. OK ga siiiii..

Yah semoga dengan SKCK ini, masyarakat jadi lebih baik..(hoeeekkk)

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA image
*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart

No products in the cart.